Selasa, 21 Mei 2019


CEGAH HIPERTENSI DENGAN UKUR TEKANAN DARAH SECARA CERDIK DAN BERKALA


Masih teringat jelas kurang lebih 7 tahunyang lalu saat bapak terkena seangan stroke. Saat itu bapak sedang keadan tidur lalu saat mau bangun kaki nya ga bisa di gerakan, tanagan kananya lemas dan alhamdulillahnya bapak pada saat itu masih bisa bicara. Jadi bapak bisa menjelaskan apa yang dia rasakan. Bapak tidak punya riwayat darah tinggi, tensi darahnya saat sehat saja sekitar 130/80 dan saat serangan terjadi tensi bapak 210/150. Meliahat kondisi bapak tersebut kami keluarga lasngsung membawa bapak ke rumah sakit. Di rumah sakit dan di periksa dokter umum, dokter mendiagnosa serangan stroke, lalu bapak di rujuk ke dokter syaraf . lalu pun membawa bapak ke dokter syaraf . setelah di periksa dan dokter syaraf pun mendiagnosa stroke. “bapak terkena serangan srtoke ringan, dan bapak harus di rawat” ucap doker syaraf.  Dan kami keluaga mengikuti apa yang di sarankan dokter.


Darah tinggi atau Hipertensi jenis penyakit tidak menular dan  bisa menyerang siapa saja tanpa ada tanda dan gejala sebelumnya. Mengiangat bahayanya penyakit hipertensi kemetrian kesehatan mengajak  teman – teman blogger dan media mengadiri seminar Kendalikan Tekanan Darahmu secara CERDIK.

Penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) merupakan maslah kesehatan utama di Negara maju dan berkembang. Penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia setiap tahun. Dan hipertensi sendiri adalah satu penyait kardiovaskuler yang paling banyak diderita masyakat.

Seseorang dinyatakan hipertensi jjika tekanan darah lebih dari atau sama dengan 140/90. Hipertesi terjadi karena tersumbat atau tidak lancarnya aliran pembuluh darah antung sehungga terganggunya kerja jantung. Dan jantung itu sendiri adalah central kerja organ , bila jantung terganggu maka terganggu pula kerja organ-organ tubuh yang lainnya. Komplikasi yang bisa terjadi karena hipertensi adalalah gagal ginjal, stroke dan penyakit akibat kerusakan organ lainya.



Menurut dokter Lusiani , SpPD, K.KV, FINASIM dari perhimpunan dokter penyakit dalam Indonesia , factor penyebab terserang hipertensi yaitu karena kurangnya kesadaran masyarakat dan informasi tentang hipertensi.

Adapun Factor resiko  Hipertensi
1.      Usia : dengan bertambahnya usia maka kemungkinan besar orang terseang hipertensi. Kelompok umur terbagi 3 yaitu umur 31-44 tahun (31,6%), umur 45-54 tahun  (45,3%) dan umur 55,2%
2.      Riwayat keluarga atau genetic  : hipertensi karena factor genetic tidak bisa di rubah atau di hiangkan, walau begitu penderita hipertensi jenis ini dapat di munumalisir dengan mengatur gaya hidup agar tidak terjadi komplikasi.
3.      Alkohol : konsumsi alcohol dengan kadar alcohol sedikit atau banyak tetap dapat beresiko hipertensi.
4.      Obesitas
5.      Konsumsi garam  : cenderung masyarakat Indonesia senag makanan yang gurih atau asin. Dan bila dikonsumsi secara berlebih dan dalam waktu terus menerus makan akan beresiko hipertensi.
6.      Jarang olah raga : aktivitas olah raga yang kurang dan mungkin tidak pernah sangat beriko besar terkena hipertensi
7.      Merokok
8.      Tingkat stress tinggi : tingkat stess yang tinggi akan sebuah pekerjaan dan tingkat emosional yang tak terkontrol memicu resiko hipertensi

Berdasarkan penyebab nya hipertensi terbagi menjadi 2 golongan, yaitu :
1.      Hipertensi Essensial / primer dimana penyebabnya tidak di ketahui banayknya sekitar 90 %
2.      Hipertensi Sekunder dimana hipertensi golongan ini penyebabnya dapat di ketahui antara lain kelainan pembuluh dara ginjal , gangguan kenjar tiroid dan lain-lain. Kisaran 10 %

Orang dewasa dengan usia diatas 18 tahun sebaiknya mulai memeriksakan diri dengan cek tekanan darah. Demgam tanda dan gejala hipertensi yaitu sakit kepala, kepala pusing berputar, nyeri dada, mimisan, penglihatan berkunang-kunang, mudah lelah, pada tangan dan kaki kesemutan.


Know your number kendalikan tekan darahmu dengan mengecek tekanan darah secara berkala ujar dr Cut Putri Ariane direktorat P2PTM dan Directorat Jendral Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Kementrian Kesehatan.

Hipertensi disebut sebagai the silent killer karena sering terjadi tanpa keluhan sehingga penderita tidak mengetahui dirinya menyangdang hipertensi dan baru diketahui setelah penderita terjadi komplikasi. Itulah alasan Kementrian Kesehatan begitu gencar memberi informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang hipertensi. Realisasi yang dilakuka oleh kemekes adalah dengan diadakan posbindu dan poslansia di setiap daerah kota dan pedesaan. Gencar mengajak masyarakat dengan rentan usia dini atau muda hingga usia tua yang sudah memiliki hipertesi ataupun belum.
Realisasi lainya yang dilakukan kemenkes bekerja sama dengan pemerintah daerah adalah menyediakan fasilitas dan kawasan bebas asap rokok, contonya di fasiltas transpotasi umum untuk tidak merokok, tempat ibadah, tempat bermain anak, tempat belajar mengajar / sekolah.

Prevalensi hipertensi di Indonesia semangkin meningkat hal ini di sebabkan karena sebagian besar penderita hipertensi tidakmengetahui dirinya hipertensi sehingga tidak mendapkan pengobatan . bagi penderita hipertensi sulit / enggan untuk minum obat karean meraka merasa sehat , lupa minum obat, enggan untuk ke fasyankes dan terdapatnya efek samping dari minum obat.


Dr Tunggul D. Situmorang , SpPD-KGH, Dipl/M.Med. Si , FINASIM mengatakan agar masyarakat lebih aware pada kesehatan hipertensi. Dan kendalikan tekanan darah dengan CERDIK.
C : cek kesehatan
E : enyahkan asap rokok
R : rajin olah raga
D : diet seimbang
I : istirahat yang cukup
K : kelola stress dengan baik

10 perubahan gaya hidup yang bisa diterapakan untuk menurunkan tekanan darah
1.      Kurangi berat badan dan ukur lingkar pinggang
2.      Olahraga secara teratur
3.      Makan makan yang sehat
4.      Kurangi natriun dalam diet
5.      Batasi jumlah alcohol
6.      Berhenti merokok
7.      Kurangi kafein
8.      Kurangi strss
9.      Pantau tekana darah di rumah dengan alat     yang dimiliki sendiri atau cek ke dokter dengan terarur dan berkala
     10.  Support dari keluarga dan orang sekitar.

So mari kita cegah Hipertensi dengan CERDIK dan ukur tekanan darah mu secara terukur dan berkala.


Salam Sehat,



ROTI GORENG SKIPPY


Ibu itu kudu kreatif yac, iya kuduu …. Kudu bikin makanan yang enak biar kakak ainun semangat puasanya. Dan kudu bervariasi menu biar ga bosen dengan menu berbuka atau sahur. Biasanya saya membuat olahan roti dengan di bakar / roti bakar. Dan di rumah ada sisa roti tawar . kemarin roti bakar dan hari ini saya bikin roti goreng deh...


Bahan
Roti tawar
Tepung panir/ tepung roti
Terigu yang sudah dicampur dengan air dan daun kucai.

Cara membuatnya
Roti tawar kupas pinggir, oles dengan selai kacang/ coklat skippy jadi satu rangkap. Potong bentuk segitiga, celupkan ke adonan terigu secara merata kemudian angkat dan balur dengan tepung panir/ roti. Diamkan selama 10 menit biarkan tepung rotinya menempel . goreng dengan api sedang, bila sudah kecoklatan angakat dan tiriskan. Yeeeaayy menu berbuka sudah siap, mudah khan …


Selamat memasak,


Senin, 20 Mei 2019


ASYIKNYA MEMASAK KETUPAT PAKAI PANCI PRESTO


Kalo udah pertengahan ramadahan di daerah rumahku ada tradisi namanya khunut, dimana hari itu semua orang memasak ketupat. Ibuku juga mengikuti tradisi khunut tsb. 
Berhubung  aku yang udah berkeluarga dan aku ga bisa masak ketupat so aku beli aja ke tetangga atau aku minta ketupat ibu hehehe… 


Yang buat aku agak segan masak ketupat itu lamanya masak ketupat, bisa 4-5  jam diatas api tanpa behenti. Hedehhh ga sanggup aku mah,,, dan itu adalah cerita  dahulu saat aku  dan ibu masih menggunakan panci biasa. Dan kini Yess semenjak ibu tahu panci presto dan manfaatnya , ibuku jadi semangat memasak ketupat ga pke ngerutu “gas cepat habis” hihihi…
Dan aku juga bisa masak ketupat sendiri deh ga pke nunggu 4 jam buat nunggu sampai  ketupat matang hahaha… oh iya mau tau cara  masak ketupan keluaga akuh….

Ketupat ala ibu
Beras yang udah di cuci besih dan di tiriskan
Kulit ketupat

Cara memasak
Masukan beras yang sudah di cuci bersih ke dalam kulit ketupan. Isi beras dari setengah bentuk ketupat. Setelah itu tutup rapat. Siapkan panci presto yang sudah di si air panas / hangat. Gunanya agar hasil ketupatnya menjadi legit dan juga hemat waktu memasakan . Masukan ketupat yang udah terisi ke panci presto. Tetap di kontrol dan di perhatikan yac mom untuk airnya jangan samapai kering. Kalau sekiranya air mulai berkurang atau sedikit matikan sebentar kemudian tambhkan lagi air panas/ hangat ke panci presto, tutup dan masak kembali. Untuk waktunya kurang lebih 2 jam diatas api. Setelah 2 jam, matang angkat dan tiriskan ketupat dengan cara di gantung. Dan tunggu deh samapi adem, karena klo masih masih panas kita belah / potong ketupatnya akan tampak lengket.
Masak ketupat jadi asyik dengan panci presto kesayangan, dan jadi deh kita lebaran, insyaallah….


Happay cooking,


Sabtu, 18 Mei 2019


TIPS CARA MENCEGAH DAN MENGATASI  JERAWAT 



Tampil cantik sempurna idaman setiap wanita. Wajah menawan enak di pandang eh tapi klo ada jerwat rasnya ga pede banget, usaha untuk tidak keluar rumah semaksimal mungkin di lakukan hahaha agak lebay yac…  jangan dong gegara sebuah jerawat kamu tertinggal genk sosialita eitss hangout maksudnya hehehe. Yah kamu anggap aja dan lihat jerawat itu sebagai memanis hidup kamu still positif thinking yac… Percaya diri akan diri sendiri itu penting banget karena dari situlah terpancar kecantikan kamu yang sesungguhnya .  

Aku juga tak bisa menghindar dari datangnya jerawat terutama saat sedang datang bulan atau menstrusasi. Yess saat menstruasi keadaan spikologis dan fisik mengalami perubahan mood yang agak sentive , badan terasa ga enak,  jerawat muncul satu persatu dan masih banyak lagi. semua masalah tersebut disebabkan karena factor hormone progesterone. Dan bila menstrusasinya selsesai maka hormone pun kembali normal, jerawat pun pergi kadang dengan sendirinya tanpa di paksa.

Kulit berminyak itu emang cenderung berjerawat tapi itu bisa di atasi atau setidaknya di minimalisir datangnya jerawat. Buat kamu yang emang kulitnya sensitive atau cenderubg berminyak bisa di coba tips  aku agar jerawat ga dateng dan pergi.

1.      Cuci wajah dengan facial wash
Dengan berwudhu , itu artinya kita membersihkan wajah dari kotoran. Bila kita melakunya dengan benar maka bagian dari rukun wudhu itu mempunyai peran dan mafaat yang besar dalam hal kebersihan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit kamu yac.  Mencuci muka dengan facial wash 2-3 kali sehari , pagi dan malam sebelum tidur dan selepas aktifitas out door. Untuk membersihkan wajah setelah bersih gunakan wash lap untuk mengringakan wajah dan hindari penggunaan handuk badan.

2.      Lemon sebagai anti acne
Kalo jerawat mulai datang dan agak membandel wah harus eksrta perawatanya terutama untuk kebersihan wajah. Bentuk jerawat bermacam macam, dan jika jerawat merah itu bararti ada peradangan di bawah kulit wajah . perasan lemon bisa menjadi alternative alami sebagai obat anti acne. Cukup oleskan perasan lemon tersebut di jerawat kamu dan diamkan. Lemon mengandung asam acid atau vitamin c yang tinggi, dimana kadar keasaman nya dapat membunuh kuman atau bakteri. 

3.      Hindari makanan gorengan
Kalo di suguhi gorengan kayanya ga bisa nolak yac hihihi…. Tau ga seh gorengan itu penyuplai terbesar minyak di kulit kita. Sifat minyak goreng yang mudah larut dan si serap oleh lapisan kulit dalam, membuat kulit luar akan mudah terlihat mengkilat. Dan jika tidak di dukung dengan kebersiahan wajah secara terarur maka kemungkinan akan terjadi peradangan kulit dan akhirnya timbul jerawat. So kurangin yac makan gorengannya dan hindari deh namanya jajan gorengan.



Keep beuty ladies,



NASI GORENG TANPA DI GORENG

Awal pernikahan kami sangatlah berat but buat saya, ahh kok bisa?? Kenapa? Karena saya ga bisa masak, dan suami maunya masakan rumah hihihi… jadialah saya googling menu makanan dan belajar memasak tiap hari . but its ok semua ada hikmanya saya jd bisa masak yeeaayy. Suatu malam suami minta dimasik nasi goreng ga pake minyak, requsnya lagi bumbunya sama sepeti nasi goreng biasa ditambahin kencur dan  bumbunya di uleg ga di blender. Klo untuk bumbu ok saya mengerti tapi yang saya tidak mengerti bagaimana mematangkan bumbu tanpa minyak hadeh.., rupanya pak suami respect melihat ekspresi saya yang bingung “ ya udah nanti aku ajarin , bikin bumbunya dulu gih” ucap pak suami. Senyum lega langsung tamapak di wajahku… saat didapur jadilah beliau yang masak hahaha…



Nasi goreng sangrai

Bahan 
Nasi putih

Bumbu halus
Bawang merah, bawang putih, kencur, cabe

Cara memasak
Siapkan wajan tanpa minyak yac bun, masukkan nasi dan bumbu halusnya dan aduk-aduk  hingga merata hingga tercium aroma wangi bumbu, yang berarti bumbunya sudah masak/ matang. Setah tercium aroma bumbu dan nasi sudah merata dengan bumbu artinya nasi goreng sudah matang. Oh iya kalau bunda ingin mendambahkan telur atau sosis bisa kok, di goreng secara terpisah yac mom. Dan nasi goeng sangrai pun siap di hidangkan…


Happy cooking,  

Senin, 13 Mei 2019


PENGALAMAN MENGATASI KETOMBE DENGAN BUAH-BUAHAN


Rambut merupakan mahkota bagi perempuan. Dan setiap perempuan tentunya akan terus berusaha menjaga mahkota nya.  aku tuh pernah pengalami ketombean di rambut, bener-bener bikin gatel kulit kepala dan ga nyaman banget deh… dan parahnya suka turun salju gitu dari rambut ke baju aku iihhh bĂȘte banget deh…



Nah ibuku nyaranin untuk menggunakan  buah-buahan aja buat ngilangin ketombe, aku berfikir iya juga sseh karena kalo pake shampe anti ketombe kemungkinan ga cocok dan efeknya malah makin ketombean rambutku . ibu memberi masukan beberapa buah-buahan yang bisa aku coba untuk menghilangka ketombe.

1.      Belimbing wuluh
Buah belimbing wuluh banyak yac kita temui, mungkin banyak juga yang menanam pohon belimbing wuluh. Rasa asam yang terdapat pada belimbing wuluh itu bermanfaat untuk menghilangkan ketobe.  caranya usapkan belimbing wuluh satu atau dua buah kemudian potong dan usapkan ke kulit kepala dan rambut yang ada ketombenya secara merata. Diamkan hingga 15 – 30 menit, lalu bilas rambut dengan air bersih dan keringkan .

2.      Lemon
Buah lemon juga mudah yac kita peroleh di pasar tradional maupun pasar modern. Buah lemon memiliki tingkat keasaman yang bermanfaat untuk menjaga keimbangan ph kulit rambut . caranya peras buah lemon tuang di wadah yang sudah tercampur air kurang lebih 10 ml kemudian aduk rata. Usap ke kelit kepala campuran lemon terbut secara merata khususnya kulit kepalayang berketombe. Setelah itu diamkan selama 20-30 menit lalu bilas rambut dengan air bersih.

3.      Jeruk Nipis
Buat emak-emak jeruk nipis udah ga asing lagi, sering kita temui di dapur hahaha… jeruk nipis juga memiliki rasa asam. Tingkat keasaman itu yang menjaga keseimbangan ph kulit rambut, hampir sama dengan lemon yac mak hehehe…  jeruk nipis mengandung anti jamur yang manfaatnya untuk membunh jamaur penyebab ketombe. Cara penggunaanya hamper sama dengan lemon , hanya kalau jeruk nipis tidak di campur air, perasan jeru nipis bisa langsung di oles ke kulit ke[ala dan rambut. Kemudian diamkan hingga 20-30 menit lalu bilas rambut dengan air bersih dan keringkan.

Itualah beberapa buah yang sudah saya coba dan berhasil menghilangkan ketombe di rambut . untuk yang berhijab , usahan sebelum rambut di tutupi dengan kerudung/ jilbab rambut diusahan tidak dalam keadaan lembab atau basah yac mak.


Semoga bermanfaat.


3 JENIS BUAH  YANG BAIK DIKONSUMSI SAAT BERBUKA PUASA





Alhamdulillah yah kita bisa di pertemukan kembali dengan ramadhan , bulan yang penuh ampunan. Nah ini kesempatan aku mah buat nabung, nabung amal kebaikan dan pahala karena Cuma di bulan Ramadhan segala kebaiakan dan bahkan tidur kita aja di kasih pahala/ reword sama Allah. Yess reword nya berganda loh…. Subhanallah…

Bagaimana puasa pertama kamu ? ada yang terasa berat ? atau biasa-biasa aja? Yang merasa biasa aja mungkin mereka terbiasa menjalankan puasa sunah kali yac hihihi…. berpuasa berarti pencernaan tidak menerima asupan apapun dari mulasebelum terbit matahari ( sebelum subuh) samapai terbenamnya matahari ( waktu magrib ) bersyukur lah kita tinggal di Indonesia karena waktu  berpusa kita tidak terlalu lama ataupun sebentar  sekitar 13-14 jam.  Berpuasa berarti seluruh mesin organ dalam tubuh kita beristirahat.

Saat berpuasa asupan makanan pun harus lebih di perhatikan . hindari deh makanan yang kira-kira dapat menggangu puasa kamu. Saat berpuasa asupan nutrisi seperti vitamin , energy, harus tetap terpenuhi. Konsumsi buah saat sahur dan berbuka puasa dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh loh…  buah yang mengandung serat tapi tidak banyak mengadung air jenis buah yang baik untuk di jadiakan tajil atau makanan berbuka puasa. Buat tersebut diantanya :

1.      Kurma atau Dates
Kandungan  yang terdapat dalam kurna yaitu vitamin , mineral , zat besi , tembaga dan magnesium. Zat besi dalam kurma dapat mengatasi animea, yesss sebuah gejala dan penyakit yang sering dating saat berpuasa.  Dengan mengkonsumsi buah kurma maslah anemia tidak terjadi yac… kurma yang banyak mengadung serat juga baik dan bermanfaat untuk pencernaan , yang sebelumnya dalam keadaan kosong.

2.      Alpukat atau Avocado
Alpukat adalah buah yang  mengandung lemak nabati yang sehat. Lemak sehatnya Buah alpukat dapat membantu mengaembalikan enaegi yang sempat hilang selama berpuasa. Serat yang terdapat pada alpukat dapat melancarkan pencernaan .

3.      Pisang atau Bananas
Buah pisang cukup banyak mengandung karbohidrat dan energy. Sehingga buah pisang bisa di jadikan buah ta’jil atau buah pembatal puasa saat berbuka puasa. Jenis pisang yang dinjurkan untuk ta’jil yaitu pisang barangan, pisang uli dan pisang kapok. 

Itulah jenis buah yang cocok bisa kamu konsumsi sebagai menu ta’jil  saat berbuka puasa. Yuk kita tetap konsumsi buah secara rutin setiap hari di pulan puasa .  jadiakan moment puasa ramadhan kita untuk lebih teratur  makan dan konsumsi buah secara rutin  pula .


Salam sehat ,